Rabu, 27 Februari 2013

Kemarin, Lulu, dan Esok



Namanya Pak Lulu
Berkaca mata tebal
Badan berotot
Lulusan teknik sipil UNDIP
Empat tahun kerja di BUMN, namun keluar dan meniti usaha kuliner
Terdampar di Kober
dan membuka warung lesehan favorit

Saat itu warungnya sepi
Hanya saya, alfi, dan bagus yang menikmati hidangan jawa itu sambil duduk lesehan
Sesekali kami menimpali tayangan televisi yang random
“Gue pamit ya..harus menemani teman jualan binder”, sela Alfi memecah keheningan
“Oh, oke..semangat ya!”, kekenyangan waktu itu bikin malas ngomong, hehe

Tinggal lah saya berdua dengan Bagus
Entah kenapa, saya sering menghabiskan waktu bersama sahabat saya Bagus di warung Pak Lulu
Sepeninggalnya Alfi, kami kembali mengenang masa-masa curhat di sana
Dan kembali mengulangnya saat itu juga
Sambil bercerita tentang hidup dan mendendangkan keluh dan kisruh hati kami
Saya sadar bahwa Pak Lulu memperhatikan kami
Entah kami terlihat mesra
Atau justru atraktif karena keduanya terlihat sama-sama galau? Hahaha
Tiba-tiba Bagus melirik ke arah Pak Lulu
Kemudian, keduanya berbahasa jawa: “%dahkusfa#@%hsakmfah*@!^%Vskfahkhaf”
Aaarrrrgggghhhhhh, mboten ngertos!!!

Pada akhirnya Pak Lulu mendekat dan memahami kegelisahan saya. Hahahaha
Mana tangan kiri,mba..
Weeeeeeh, saya saat itu mau diramal oleh Pak Lulu.
“Kenapa harus tangan kiri,Pak? Kenapa ga tangan kanan aja?. Apa karena tangan kanan sering dipake kerja, trus ngefek sama garis2 tangannya?”
Pasti di dalem hati Pak Lulu bĂȘte karena saya kritis
Well, sebelum lanjut nih ya..saya bukan tipe orang yang percaya sama ramalan
Si Bagus tuh, katanya sebagai orang Jawa dia percaya ga percaya juga sih sama ramalan. I can say, dia percaya lah. Buktinya, dia yakin-yakin gitu deh sama ramalan Pak Lulu.
Saya secara personal kemarin itu iseng-iseng aja diramal oleh Pak Lulu

Oke, lanjut ya..tentu sudah penasaran
Satu detik..
Dua detik..
Kening Pak Lulu berkernyit
“Mba orangnya mudah dapat rejeki, tapi maaf ya..rejekinya juga cepet abis”
Kyakakakakakakaka, tau banget sih lo,Pak
“Mba tipe pekerja, tapi mudah bosan”
Boleh boleh boleh juga nih tebakannya, Pak..
“Mba kalau kerja, susah jadi pemimpin”
Saya mulai protes, “Loh, kenapa bisa begitu Pak?”. Masa saya dibilang ga bisa jadi pemimpin? Sejarah membuktikan…opposite! Heh, biasa saja lah
“Iya, Mba. Soalnya Mba kalo bekerja melibatkan perasaan. Susah tegas, pemimpin itu harus melepaskan perasaan dari pekerjaannya”.
JLEB!!!

Tiba-tiba pikiran saya melayang ke masa-masa saya masih jadi asdos, baik di THI maupun MPHI. Ada mahasiswa yang merajuk-rajuk..
“Ka Widy, please…aku boleh ijin ya. Please…”, memelas kayak kucing
“Ehm..gimana ya.. dalam aturannya ga boleh. Saya ga bisa membantu”, sangat tidak enak
“Tapi, ka..ini sudah ada surat pengantarnya. Dari dinas blablalala,buat mewakili negara kita blablablabla..saya ga bisa nolak,ka.”, mulai berkaca-kaca (deskripsinya lebay)
“tapi kamu udah tiga kali absen. Ga ada toleransi lagi”, sok tegas tapi mulai goyah
Ah, tak usah lah saya jabarkan proses negosiasi yang rumit itu. Pada akhirnya, saya give up dan memberi izin pada mahasiswa itu. Huhuhu

Seminggu kemudian..
“Aku bawa sesuatu buat Ka Widy yang baik”
“Apa tuh? Waaaaah, kue enaaaaak”
Nyam nyam!!!!
Gila, saya digratifikasi! Well, sebelum saya makan, saya sudah memikirkan apakah itu halal atau haram untuk dimakan. Well, itu bukan gratifikasi. Gratifikasi kan diberikan sebelum keputusan dilakukan. Toh, saya sudah mengkomunikasikan kondisi dia ke dosen setelah pada akhirnya saya luluh oleh rajukan dia. Ckckck
Oke, forget it. lanjut ke ramalam Pak Lulu

Lamunan saya tentang masa ngasdos kemudian buyar oleh suara Pak Lulu
“Mba masih mau lanjut saya ngebahas karir?”
“eh? Udah deh, Pak. Lanjut jodoh aja dah.”. hihihihi
“Gini,Mba. Kalau masalah jodoh, sebenarnya Mba sudah ada jodohnya”
Nah lo
“Tapi..inti masalahnya ada di Mba. Keputusannya ada di tangan Mba. Mba punya banyak pilihan, makanya Mba terlihat bingung”.
Should I shout????
Saya saat itu udah mulai gelisah, malas diramal-ramal kayak gini
Bikin hidup tambah susah aja
Jalani aja…
Saya ga peduli mau dibilang karir saya akan biasa-biasa aja
Atau pendapatan saya akan terus mengalir seperti air
Namun keluar brojol kayak air bah, haks haks
Tapi terkait jodoh, jika pada akhirnya saya harus melewati gerbang keseriusan yang sakral itu
Maka tentu saya berharap agar jodoh saya bisa seperti nampan atau bahkan bendungan kokoh supaya duit saya ga mengalir gila-gilaan tanpa arah yang jelas *senyum miris
Siapa pun jodoh saya, saya ga butuh peramal yang menentukannya. Yang penting ia tulus berjalan bersama saya hingga akhir hayat, dan saya sekuat tenaga akan berusaha mempertahankan rengkuhan tangannya. 

Setelah pamitan dan mengucap terima kasih kepada Pak Lulu..
saya berjalan dengan langkah pelan ke kosan
bertanya-tanya
menduga-duga
tentang hari esok

kemudian senyum saya mengembang
hah, saya sampai mati akan terus mempertanyakan hari esok. jalani saja, jalani saja dan lakukan yang terbaik untuk hari ini. kembali menceracau tidak jelas. hingga akhirnya sampai di depan pintu kosan. yep!!!

=========
LIFE

2 komentar:

micelia amalia sari mengatakan...

untuk yang pertama dan terakhir saja.
insyaAllah

kabari saya dg kabar bahagia itu :)

zahrawidy mengatakan...

maksudnya yang pertama dan terakhir saja??

c,saya punya beragam kabar bahagia untukmu. tidak hanya satu topik ini saja :) dan untuk yang satu ini, entah lah..mgkin bukan prioritas utama sekarang.